Bayu Budiman Aprilio

Gapapa jelek, yang penting sombong.

Bayu Budiman Aprilio
apa yang saya tulis semoga bermanfaat untuk kalian semua

March 16, 2015

MATERI ENERGI DALAM SISTEM KEHIDUPAN IPA KELAS 7 SEMESTER II

PETA KONSEP

1.      Energi
Energi adalah kemampuan untuk melakukan usaha (kerja) atau melakukan suatu perubahan. Energi memiliki berbagai bentuk dan dapat mengalami perubahan.
2.      Jenis jenis energi :
a.       Energi listrik: energi yang dimiliki oleh muatan listrik dan arus listrik
b.      Energi kimia : energi yang dimiliki suatu zat karena kandungannya
c.       Energi potensial: energi yang dimiliki suatu benda karena kedudukan atau posisi benda tersebut terdiri dari energi potensial gravitasi dan energi potensial elastis.
a)      Energi potensial gravitasi adalah energi yang timbul akibat adanya pengaruh gaya grafitasi bumi. Persamaan energi potensial gravitasi dirumuskan :

Ww = Δ EP

EP = mgh
 

Ket:


EP: Energi Potensial benda
m: massa benda
g: percepatan gravitasi bumi
h: tinggi benda
W: usaha


b)     

W = –Δ EP

EP = ½ kΔ x2
Energi potensial elastis yaitu energi potensial yang tersimpan dalam benda elastis karena adanya gaya tekan dan gaya regang yang bekerja pada benda dan dirumuskan :
Ket :
k: konstanta elastisitas                                              Δx: perubahan panjang
d.     

Ek=1/2.m.v2
Energi kinetic : energi yang dimiliki benda yang sedang bergerak dengan rumus:
Ket :
Ek: energi kinetic
m: massa benda
v: kecepatan benda bergerak
3.      Sumber energi adalah sesuatu yang menghasilkan energi
a.       Sumber energi terbarukan:  sumber energi yang dapat diperbaharui seperti biogas, energi panas dari matahari, energi kinetic dari air mengalir, energi tidal ataupjarun angin, dan makanan sebagai sumber energi utama bagi tubuh
b.      Sumber energi tak terbarukan: sumber energi yang dapat habis apabila tidak dikelola dengan baik seperti hasil tambang,energi nuklir
4.      Metabolisme adalah proses kimia yang terjadi dalam tubuh makhluk hidup
a.       Anabolisme merupakan proses pembentukan / sintesis seperti fotosintesis
b.      Katabolisme adalah reaksi penguraian dalam proses respirasi.
5.      Transport energi pada sel adalah proses pengubahan bentuk bentuk energi pada makhluk hidup heterotroph terjadi pada organel:
a.       Mitokondria: energi digunakan untuk mengubah karbohidrat, protein, dan lemak menjadi ATP
b.      Kloroplast : melalui proses fotosintesis energi panas dari cahaya matahari akan digunakan untuk mengubah CO2 dan H2O menjadi glukosa  dan O2
6.      Fotosintesis adalah proses perubahan energi cahaya menjadi energi kima dalam bentuk glukosa.
7.      Respirasi merupakan proses pembebasan energi yang tersimpan dalam zart sumber energi melalui proses kimia dengan bantuan oksigen.
8.      Sistem pencernaan makanan sebagai sumber energi yang terbagai kedalam 3 jenis yaitu karbohidrat, protein dan lemak
a.       Karbohidrat : sebelum dicerna oleh usus karbohidrata akan dipecah menjadi monosakarida yang akan diserap oleh dinding usus dan dialirkan ke hati ataupun jaringan tertentu dan mengalami proses metabolism lanjutan. Didalam hati monosakarida akan disintesis membentuk glikogen.
b.      Protein : dalam tubuh protein akan diubah menjadi asam amino melalui proses hidrolisis. Asam amino selanjutrnya diabsorpsi ke pembuluh darah dan akan digunakan oleh jaringan
Lemak: sebelum diserap lemak dihidrolisis membentuk asam lemak dan gliserol dengan bantuan enzim lipase yangberlangsung dalam saluran pencernaan. Asam lemak diserap oleh jonjot usus halus. 
LATIHAN SOAL

3 comments: